site-logo
post-image

Laptop Termurah Di Dunia Saat ini 2017 Seharga 470 Ribuan dari India



India telah menemukan laptop termurah di dunia, perangkat komputasi layar sentuh yang harganya Rs 1500 atau kurang lebih sekitar $ 35 ( 470 ribuan).

Baca juga : super komputer tercepat di dunia saat ini adalah ..

Menteri Pembangunan Sumber Daya Manusia Kapil Sibal minggu ini meluncurkan perangkat komputasi berbiaya rendah yang dirancang untuk siswa, mengatakan bahwa pihaknya telah memulai pembicaraan dengan produsen global untuk memulai produksi massal.

laptop termurah di dunia saat ini dari india
Menteri HRD Kapil Sibal memperkenalkan laptop di New Delhi.

"Kami telah mencapai tahap perkembangan saat ini, motherboard, chip, pemrosesan, konektivitas, semuanya secara kumulatif berharga sekitar $ 35 ( Rp 473.000), termasuk memori, display, semuanya," katanya dalam sebuah konferensi pers. Dia mengatakan bahwa gadget layar sentuh itu dipenuhi oleh perambah Internet, fasilitas pembaca PDF dan konferensi video namun perangkat kerasnya dibuat dengan fleksibilitas yang cukup untuk menggabungkan komponen baru sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dia mengatakan bahwa gadget layar sentuh itu dipenuhi oleh perambah Internet, fasilitas pembaca PDF dan konferensi video namun perangkat kerasnya dibuat dengan fleksibilitas yang cukup untuk menggabungkan komponen baru sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sibal mengatakan perangkat komputasi berbasis Linux diharapkan diperkenalkan di institusi pendidikan tinggi mulai 2011, namun tujuannya adalah untuk menurunkan harga lebih lanjut ke $ 20 dan akhirnya mencapai $ 10.

Perangkat ini dikembangkan oleh tim peneliti di institut teknologi utama India, Indian Institute of Technology dan Indian Institute of Science.

Baca juga : Merk laptop termahal di dunia tahun ini

Satu motherboard dilaporkan dirancang oleh seorang mahasiswa Institut Teknologi Vellore di bawah proyek B Tech-nya dan dibuat di IIT Kanpur.

Biaya telah berhasil mencapai Rs 2.209. Setelah itu, proses kustomisasi membantu mengurangi harga perangkat komputasi.

India menghabiskan sekitar tiga persen dari anggaran tahunan untuk pendidikan sekolah dan telah meningkatkan tingkat melek huruf hingga lebih dari 64 persen namun penelitian telah menunjukkan bahwa banyak siswa hampir tidak dapat membaca atau menulis dan kebanyakan sekolah negeri memiliki fasilitas yang tidak memadai.

Baca Juga
Memuat...
×