site-logo
post-image

Cara Menghemat Uang Dan Tips Biar Gak Boros Belanja

Mau tahu cara menghemat uang dan tips biar gak boros belanja? Siapa sih yang tak suka berbelanja? Banyak orang menghabiskan banyak waktu seharian hanya untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Ada saja barang yang selalu dibeli setiap harinya. Tak jarang, banyak orang juga merasa kesulitan untuk mengontrol keuangan ketika tergiur barang yang sebenarnya tak terlalu diperlukan saat berbelanja. Akhirnya, pengeluaran pun membengkak dan menjadi boros.

Belanja sih boleh saja, asalkan tidak mengganggu keuangan. Namun, ternyata tak sedikit orang bisa menjadi pembeli cerdas saat melakukan aktivitas berbelanja. Untuk Anda yang ingin menjadi pembeli cerdas saat berbelanja, perhatikan cara menghemat uang dan tips biar gak boros belanja berikut ini, yuk:


cara menghemat uang dan tips biar gak boros belanja

8 Cara Menghemat Uang Dan Tips Biar Gak Boros Belanja


1. Bedakan mana kebutuhan dan keinginan

Terkadang, kebutuhan dan keinginan tampak begitu mirip. Sebenarnya, jika diperhatikan dengan jelas, keduanya sangat berbeda. Karena itu, Anda perlu membedakan keduanya dengan menyesuaikan dengan diri sendiri. Buatlah daftar keperluan dan coret daftar keinginan.

2. Jangan selalu ikuti trend

Mengikuti trend memang bagus. Namun, jika hal itu malah justru membuat pengeluaran Anda membengkak, coba pikirkan ulang. Trend pakaian, perlengkapan rumah tangga, gaya hidup, dan lain sebagainya tak semua harus Anda ikuti. Bentuklah gaya hidup Anda sendiri tanpa harus selalu mengikuti trend terbaru.

3. Buat shopping plan

Shopping plan sangat sederhana, tetapi sangat banyak manfaatnya. Cukup buatlah shopping plan di secarik kertas sebelum Anda berbelanja. Tanamkan dalam diri, Anda tak perlu membeli barang lain di luar shopping plan yang telah dibuat. Langkah ini memang terdengar sulit, tetapi Anda harus mulai membiasakannya.

4. Belanja online


Berbelanja di pusat perbelanjaan akan membuat Anda lebih mudah tergoda untuk membeli ini dan itu. Belum lagi jika harus mengeluarkan biaya untuk makan dan transportasi. Karena itu, sesekali jangan ragu untuk berbelanja secara online. Tak hanya praktis, dengan belanja online Anda juga bisa memilih barang dengan harga yang bersaing. Namun, pastikan untuk memilih online shop terpercaya, ya!

5. Utamakan kualitas daripada kuantitas

Barang berkualitas tentunya lebih awet dan lebih nyaman digunakan. Karena itu, utamakan kualitas daripada kuantitas. Barang yang banyak tetapi mudah rusak tentu tidak akan memberi manfaat dalam jangka waktu lama. Meski barang berkualitas dipatok dengan harga yang lebih mahal, percayalah Anda akan mendapat manfaat yang sebanding dengan uang yang dikeluarkan.

6. Tentukan budget

Sebelum belanja, tentukan besarnya uang yang Anda sisihkan. Atur keuangan untuk kebutuhan lainnya sebelum menentukan barang yang ingin dibeli. Dengan mengatur budget, Anda bisa mengetahui besarnya uang yang bisa Anda siapkan untuk belanja. Langkah ini juga sangat membantu untuk mengontrol keuangan.

7. Pilih tempat belanja yang tepat

Satu barang bisa memiliki selisih harga yang lumayan banyak di tempat yang berbeda. Biasanya, tempat yang mamatok harga lebih mahal dibebani pajak tempat. Karena itu, carilah tempat belanja tepat yang memasang harga lebih terjangkau. Walaupun selisihnya hanya sedikit, tetapi akan mempengaruhi besarnya uang yang harus dikeluarkan.

8. Belanjalah saat tidak punya waktu

Salah satu penyebab Anda boros berbelanja adalah banyaknya waktu yang tersedia untuk mengelilingi tempat belanja. Karena itu, belanjalah di saat waktu Anda sangat terbatas. Dengan demikian, Anda hanya akan berbelanja barang-barang tertentu yang benar-benar dibutuhkan.

Cara menghemat uang dan tips biar gak boros belanja diatas sangatlah mudah diterapkan jika sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, Karena itu jangan ragu untuk melakukan tiap stepnya saat Anda punya rencana belanja setiap hari.

Artikel terkait :

{ 0 Comments... add one }