site-logo
post-image

Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Definisi, Asal-Usul & Sejarah


Apa pengertian dari MIS (management information system) atau yang lebih dikenal dengan sistem informasi manajemen ? Apa definisi sebenarnya dari sistem informasi manajemen itu sendiri ? bagaimana asal usul dari sistem informasi manajemen ? sejarah evolusi dari sistem informasi manajemen ? kalau anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan tersebut berarti anda berada di tempat yang tepat kali ini.

sistem informasi manajemen

Pengertian dan definisi Dari Sistem Informasi Manajemen


Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut wikipedia :


sistem informasi manajemen adalah studi tentang orang, teknologi, organisasi, dan hubungan di antara mereka. Definisi ini berkaitan secara khusus untuk MIS sebagai program studi di sekolah bisnis dan mengacu pada studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi mengevaluasi, desain, melaksanakan, mengelola, dan memanfaatkan sistem untuk menghasilkan informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengambilan keputusan, termasuk sistem disebut sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif. Banyak sekolah bisnis (atau perguruan administrasi bisnis dalam universitas) memiliki departemen MIS, bersama departemen akuntansi, keuangan, manajemen, pemasaran, dan mungkin derajat penghargaan (di tingkat sarjana, magister, dan doktor tingkat) di MIS. Definisi MIS dalam praktek telah diberikan dalam artikel jurnal 

Profesional MIS membantu organisasi dari semua ukuran menyadari manfaat maksimal dari investasi pada personil, peralatan, dan proses bisnis. MIS adalah berorientasi orang-, dengan penekanan pada layanan. Meskipun saat ini sudah semakin dibangun pada perangkat keras komputer, perangkat lunak dan jaringan, itu tidak selalu harus berbasis komputer .

Sistem informasi manajemen yang berbeda dari sistem informasi lainnya dalam bahwa mereka digunakan untuk menganalisis dan memfasilitasi kegiatan strategis dan operasional.

Definisi Sistem Informasi Manajemen Menurut Webopedia :


MIS adalah singkatan sistem informasi manajemen atau layanan informasi manajemen.Sistem informasi manajemen, atau SIM, luas mengacu pada sistem berbasis komputer yang menyediakan manajer dengan alat untuk mengatur, mengevaluasi dan efisien mengelola departemen dalam suatu organisasi. Dalam rangka memberikan masa lalu, informasi sekarang dan prediksi, sistem informasi manajemen dapat mencakup perangkat lunak yang membantu dalam pengambilan keputusan, sumber data seperti database, sumber daya perangkat keras dari suatu sistem, sistem pendukung keputusan, manajemen orang dan aplikasi manajemen proyek, dan setiap proses komputerisasi yang memungkinkan departemen untuk berjalan efisien.
Sistem Informasi Manajemen Manajer

Peran sistem informasi manajemen (MIS) manajer adalah fokus pada teknologi informasi dan sistem organisasi. Manajer MIS biasanya menganalisis masalah bisnis dan kemudian mendesain dan memelihara aplikasi komputer untuk memecahkan masalah organisasi.

Pengertian dan definisi Dari Sistem Informasi Manajemen Menurut Techtarget Network :


MIS (Sistem Informasi Manajemen) adalah hardware dan software sistem dalam suatu perusahaan yang menyediakan informasi bahwa manajemen perlu menjalankan suatu perusahaan.

Pengertian dan definisi Dari Sistem Informasi Manajemen Menurut Inc.com :


Sebuah sistem informasi manajemen (MIS) adalah database komputerisasi informasi keuangan terorganisir dan diprogram sedemikian rupa sehingga menghasilkan laporan berkala pada operasi untuk setiap tingkat manajemen dalam perusahaan. Hal ini biasanya juga memungkinkan untuk memperoleh laporan khusus dari sistem dengan mudah. Tujuan utama dari MIS adalah untuk memberikan manajer umpan balik tentang kinerja mereka sendiri; manajemen puncak dapat memantau perusahaan secara keseluruhan. Informasi yang ditampilkan oleh MIS biasanya menunjukkan "yang sebenarnya" data melalui melawan "direncanakan" hasil dan hasil dari tahun sebelumnya; sehingga mengukur kemajuan terhadap tujuan. MIS menerima data dari unit perusahaan dan fungsi. Beberapa data yang dikumpulkan secara otomatis dari check-out counter-linked komputer; lain mengetik secara berkala. Laporan rutin yang terprogram dan dijalankan pada interval atau permintaan sementara yang lain diperoleh dengan menggunakan built-in bahasa query; fungsi layar dibangun ke dalam sistem yang digunakan oleh manajer untuk memeriksa status di komputer meja-sisi terhubung ke MIS oleh jaringan. Banyak sistem canggih juga memonitor dan menampilkan kinerja saham perusahaan.

Asal Usul Dan Sejarah Evolusi Dari Sistem Informasi Manajemen


Asal Usul Dan Sejarah Evolusi Dari Sistem Informasi Manajemen Menurut Tech Target Network :


MIS departemen awalnya seluruh teknologi informasi. Dari tahun 1960 ke awal tahun 1980-an, praktisi dan sekolah bisnis disebut MIS bukan IT. Pada hari-hari awal, peran utama perusahaan komputasi adalah untuk membantu CEO dan CFO dengan manajemen sistem informasi untuk tugas run-the-bisnis kunci, seperti order entry, akuntansi dan penganggaran. Tidak ada aplikasi perusahaan ada; programmer susah payah menulis kode untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini, biasanya pada mainframe. Sistem ini adalah bisnis penting, yang berarti bahwa bisnis akan gagal jika harus kembali ke akuntansi manual. Jika MIS gagal, bisnis itu dalam bahaya. CFO mengawasi MIS, memastikan bahwa pengembang dan administrator disampaikan apa akuntansi diperlukan.

Pada 1980-an, dengan munculnya komputer pribadi yang berlari spreadsheet, ruang lingkup tanggung jawab komputasi mulai berubah. Spreadsheet pribadi mengambil proses bisnis penting keluar dari domain dari manajemen atas; MIS diperlukan untuk layanan yang lebih luas pengguna, menyebarkan program perangkat lunak eksternal maupun internal. Nama departemen diubah untuk mencerminkan ini set baru pelanggan internal, menjadi Sistem Informasi (IS). MIS departemen menjadi satu, bagian yang masih penting dari keseluruhan IS departemen.

Pada 1990-an, munculnya aplikasi enterprise membawa satu set baru tugas IS. Perusahaan berhasil dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen dibandingkan pesaing, melalui campuran yang tepat dari aplikasi perusahaan dan orang-orang homegrown. Aplikasi ditangani lebih luas fungsi dari departemen asli MIS: order entry, akuntansi dan penganggaran, tetapi juga perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen rantai pasokan dan otomatisasi tenaga penjualan. Banyak tugas-tugas ini tidak semata-mata milik departemen IS - vendor luar, agen outsourcing dan line-of-bisnis departemen komputasi semua mengklaim bagian dari komputasi perusahaan. IS menjadi lebih dari seorang direktur strategis dari perangkat lunak dan teknologi hardware dalam arsitektur perusahaan itu, dan kurang dari entitas pusat pengendali. Sekali lagi, nama berubah untuk mencerminkan peran baru: Teknologi Informasi (TI) daripada IS. Sekali lagi, departemen asli MIS menjadi bagian yang lebih kecil dari seluruh keseluruhan.

Hari ini, Sistem Informasi Manajemen digunakan secara luas dalam berbagai konteks dan termasuk namun tidak terbatas pada: sistem pendukung keputusan, sumber daya dan manajemen orang aplikasi, manajemen proyek, dan aplikasi pengambilan database. Meskipun batas-batas telah menjadi kabur selama bertahun-tahun, biasanya MIS masih mencakup sistem yang sangat penting untuk kemampuan perusahaan untuk bertahan hidup, termasuk akuntansi dan order entry. Manajemen atas tidak melupakan fakta ini. Dalam banyak bisnis, MIS menangani perangkat lunak warisan dan perangkat keras, kode oleh programmer lama pensiun, yang meninggalkan tidak ada dokumentasi untuk sistem. Upgrade perusahaan atau modernisasi sistem ini hanya sangat hati-hati, dan dengan apresiasi yang tinggi dari risiko yang terlibat. Oleh karena itu, MIS, dan orang-orang yang mendukungnya dan tahu kebiasaan yang, tetap menjadi penting jika kurang dirayakan bagian dari perusahaan IT.

Asal Usul Dan Sejarah Evolusi Dari Sistem Informasi Manajemen Menurut Inc.com :


MIS merupakan otomatisasi elektronik beberapa jenis penghitungan, menghitung-hitung, pencatatan, dan teknik akuntansi yang tertua sejauh ini, tentu saja, adalah buku yang pemilik bisnis terus melacak bisnis-nya. Otomasi muncul di tahun 1880-an dalam bentuk tabulasi kartu yang bisa disortir dan dihitung. Ini adalah pukulan-kartu masih diingat oleh banyak: mereka ditangkap elemen informasi mengetik pada mesin pukulan-kartu; kartu kemudian diproses oleh mesin lain beberapa yang bisa mencetak hasil penghitungan. Setiap kartu adalah setara dengan apa yang saat ini akan disebut catatan database, dengan daerah yang berbeda pada kartu diperlakukan sebagai bidang. Dunia-terkenal IBM memiliki awal yang pada tahun 1911; yang kemudian disebut Computing Tabulating-Recording Company-. Sebelum IBM ada C-T-R. Punch card digunakan untuk menyimpan catatan waktu dan untuk merekam bobot pada skala. Sensus AS menggunakan kartu tersebut untuk merekam dan memanipulasi data juga. Ketika komputer pertama kali muncul setelah sistem pukulan-kartu Perang Dunia II yang digunakan baik sebagai front end mereka (memberi mereka makan data dan program) dan sebagai output mereka (komputer memotong kartu dan mesin lainnya dicetak dari ini). Sistem kartu tidak sepenuhnya hilang sampai tahun 1970-an. Mereka akhirnya digantikan oleh media magnetik penyimpanan (tape dan disk). Komputer menggunakan media penyimpanan seperti dipercepat menghitung-hitung; komputer diperkenalkan menghitung fungsi. MIS dikembangkan sebagai fungsi akuntansi yang paling penting menjadi terkomputerisasi.

Gelombang inovasi menyebarkan kebajikan dasar sistem informasi yang koheren di semua fungsi perusahaan dan untuk semua ukuran bisnis di tahun 1970-an, 80-an, dan 90-an. Dalam perusahaan bidang fungsional utama mengembangkan kemampuan MIS mereka sendiri; sering tersebut belum terhubung: sistem rekayasa, manufaktur, dan persediaan dikembangkan berdampingan kadang-kadang berjalan pada perangkat keras khusus. Komputer pribadi ("mikro," PC) muncul di tahun 70-an dan menyebar luas di tahun 80-an. Beberapa ini digunakan sebagai berdiri bebas "benih" dari sistem MIS melayani penjualan, pemasaran, dan sistem personil, dengan data yang dirangkum dari mereka ditransfer ke "mainframe." Pada 1980-an PC jaringan muncul dan berkembang menjadi sistem yang kuat di kanan mereka sendiri pada 1990-an di banyak perusahaan menggusur komputer menengah dan kecil. Dilengkapi dengan mesin database yang kuat, jaringan tersebut pada gilirannya diselenggarakan untuk tujuan MIS. Secara bersamaan, di tahun 90-an, World Wide Web datang usia, berubah menjadi Internet dengan antarmuka visual, yang menghubungkan segala macam sistem satu sama lain.

Midway melalui dekade pertama abad ke-21 ide sempit dikandung dari MIS telah menjadi agak kabur. Sistem informasi manajemen, tentu saja, masih melakukan pekerjaan mereka, tetapi fungsi mereka sekarang menjadi salah satu di antara banyak orang lain yang memberikan informasi kepada orang-orang dalam bisnis untuk membantu mereka mengelola. Sistem yang tersedia untuk komputer dibantu desain dan manufaktur (CAD-CAM); komputer mengawasi proses industri di listrik, bahan kimia, petrokimia, pipa, sistem transportasi, dll Sistem mengelola dan mentransfer uang di seluruh dunia dan berkomunikasi di seluruh dunia. Hampir semua fungsi administrasi utama yang didukung oleh sistem otomatis. Banyak orang sekarang mengajukan pajak mereka melalui Internet dan memiliki pengembalian uang mereka dikreditkan (atau uang yang memiliki dikurangi) dari rekening bank secara otomatis. MIS demikian sistem besar pertama dari Era Informasi. Saat ini berinisial IT datang ke dalam penggunaan universal. "Teknologi Informasi" sekarang kategori untuk menunjuk setiap dan semua struktur software-hardware-komunikasi yang saat ini bekerja seperti sistem saraf virtual masyarakat di semua tingkatan.
Demikian informasi mengenai Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Definisi, Asal-Usul & Sejarah nya -Semoga bermanfaat.

loading...

Related Articles :

loading...
×