skip to main content

8 Cara Ampuh Mengatasi Error Di Google Playstore Dengan Mudah

Ditulis Oleh Pada 2015/04/21

Pernahkah Anda menemukan error di google playstore seperti situasi berikut? Saat Anda browsing melalui google playstore, Anda telah menemukan aplikasi yang benar-benar keren dan berguna, kemudian anda mendownloadnya, dan setelah itu anda menerima beberapa pesan kesalahan (error) yang samar dengan munculnya beberapa nomor yang mungkin anda anggap nomor tersebut tidak berguna. Hal itu tentunya sangat menjengkelkan, bukan? tentunya anda bertanya-tannya, Bagaimana sih cara mengatasi error di google playstore yang menunjukkan angka-angka atau nomor tersebut?.

Cara Mengatasi Error Di Google Playstore

Kalau anda menemukan kejadian seperti yang saya utarakan diatas maka jangan khawatir, santai saja bro. Kami akan memberikan Anda dengan delapan cara mengatasi error di google playstore yang merupakan kesalahan yang paling umum terjadi saat anda membuka aplikasi nomor satu di ponsel android tersebut.selain kami menyertakan cara mengatasi error di google playstore, kami juga akan menyertakan penyebab terjadinya error tersebut dan juga solusi terbaiknya.

Delapan Solusi Dan Cara Mengatasi Error Di Google Playstore (Error kode 403, 492, 495, 498, 919, 921, 927, dan 941)


Google Play Store Error Kode 403


Penyebab : Proses download aplikasi tidak bisa dilakukan.Anda akan diberitahu bahwa requet permintaan anda adalah "forbidden".Hal ini biasanya terjadi ketika Anda mencoba menggunakan dua akun Google untuk membeli aplikasi pada perangkat yang sama. Ada empat solusi yang dapat Anda coba ketika mencoba untuk memecahkan masalah ini. Lebih baik jika Anda mencoba mereka dalam urutan sebagai berikut:

  1. Buka Google Playstore dengan menggunakan akun Google yang utama di perangkat anda. Uninstall aplikasi yang memberikan Anda masalah error tersebut. Coba download aplikasi lagi dengan cara menekan tombol pembelian (jika itu bukan aplikasi gratisan).
  2. Bersihkan proxy yang mungkin anda telah siapkan, dengan cara masuk ke Settings > Wireless Networks > mobile network. Tap (klik)pada Access Point name (Anda mungkin hanya melihatnya ditampilkan sebagai APN), dan tekan opsi Batal Proxy.
  3. Jika Anda tidak mendapatkan hasil apa-apa setelah mencoba dua solusi pertama diatas, maka cobalah menghapus seluruh riwayat penelusuran di google playstore dengan cara menekan tombol pengaturan ( tombol pengaturan yang ada di playstore) dan kemudian tap (klik) Hapus Riwayat Penelusuran.
  4. Jika ketiga cara diatas gagal, maka cobalah membuat account Google yang baru dan kemudian gunakannya untuk google playstore. Buka Google Playstore > tekan tombol menu > pilih account > pilih pada akun Gmail yang baru saja dibuat > kemudian,instal ulang aplikasinya.

Google Play Store Error Kode 492


Penyebab: Anda tidak dapat menginstal aplikasi karena cache Dalvik. Anda bisa memecahkan masalah tersebut dengan melakukan hal berikut ini:

  • Tap (klik) pada > Setting > Aplication > Swipe to all > gulir ke bawah ke Google service > pilih clear Data > force stop. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google playstore.

Google Play Store Error Kode 495


Penyebab: Masalah saat download atau saat memperbarui (mengupdate) aplikasi dari playstore. Anda dapat memecahkan masalah ini dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hapus data yang disimpan di Google Playstore,dengan cara masuk ke Settings -> Aplication -> All -> Google Play Store -> Clear Data.
  2. Hapus data dari Google Services Frameworks. Perangkat Anda akan diberi ID Google baru, hal ini seperti jika Anda melakukan reset pabrik, dan aplikasi Anda mungkin bertindak untuk sementara waktu, tapi itu tidak akan berlangsung lama.
  3. Hapus Akun Google di ponsel Anda. Anda dapat melakukan ini dengan me-reboot perangkat Anda dan kembali menambahkan Akun Google Anda yang baru.Caranya ; Settings > Account > Add Account > Google Account.

Google Play Store Error Kode 498


Penyebab: Download dari toko Google Play terputus (interupted). Masalah ini terjadi dikarenakan cache perangkat android Anda sudah penuh. Anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah ini dengan cara :

  • Hapus aplikasi dan file yang tidak perlu (yang ada di perangkat android anda) dan kemudian setelah itu restart telepon Anda.

Google Play Store Error Kode 919


Penyebab: Aplikasi yang baru saja Anda download tidak bisa dibuka. Aplikasi ini tidak akan bisa dibuka karena Anda telah kehabisan ruang (penyimpanan) pada ponsel Anda. Berikut solusinya:

  • Hapus data yang tidak anda perlukan pada perangkat android Anda .misalnya seperti aplikasi yang berukuran besar yang jarang anda gunakan, musik, video, dll.

Google Play Store Error Kode 921


Penyebab: Anda tidak dapat men-download sebuah aplikasi tidak peduli berapa banyak Anda coba pada ponsel Anda. cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  1. Hapus cache dari aplikasi Google Playstore (cara menghapusnya: baca error kode 495 diatas). Jika Anda masih tidak dapat mendownload aplikasi, Anda dapat menghapus semua data aplikasi yang tersimpan di Play store, tetapi perhatikan bahwa cara ini merupakan pilihan langkah yang terakhir. Menghapus data akan menghapus semua pengaturan yang telah Anda lakukan sebelumnya.
  2. Jika Anda masih diganggu oleh kesalahan ini bahkan setelah menghapus data yang ada di playstore store, Maka Anda bisa menghapus akun Google Anda, restart telepon Anda, kemudian kembali menambahkan akun google anda dan coba lagi (mudah-mudahan bisa sukses).

Google Play Store Error Kode 927


Penyebab: Anda tidak dapat men-download suatu aplikasi karena Google Playstore saat itu menerima update. Solusinya:

  1. Kesabaran !! Tunggu beberapa menit sampai updatenya selesai dan kemudian barulah mencobanya lagi.
  2. Jika masalah tetap ada bahkan setelah Anda mencoba bersabar.Maka tap (klik) > Aplication > swipe to all > Google services > clear Data > kemudian klik force stop. Ulangi proses tersebut untuk aplikasi Google Playstore.

Google Play Store Error Kode 941


Penyebab: Interupsi selama melakukan update. Solusi cepat:

  1. Tap (klik) > Aplication > All > Google Play Store > Clear Cache -> Clear Data.
  2. Gulir menuju Download Manager > Clear Cache > Clear Data > Kemudian barulah coba untuk meng-updatenya kembali.


Anda mungkin melihat bahwa cara diatas adalah cara mengatasi error di google playstore yang umum terjadi. Namun, saya mengingatkan Anda untuk selalu berhati-hati ketika Anda memutuskan untuk menghapus data atau melakukan reset pabrik. Karena hal tersebut akan menyingkirkan semua kontak yang anda simpan, file, dan gambar, jadi selalu, selalu, selalu, pastikan Anda mem-back up data Anda terlebih dahulu sebelum mencoba salah satu solusi atau cara mengatasi error di google playstore yang saya tuliskan diatas.Semoga artikel kali ini bisa membawa manfaat untuk para androiders semuanya.
×