site-logo
post-image

Cara Membuat Meme yang Berkualitas Dan Bagus


Bagaimana sih Cara Membuat Meme yang Berkualitas ~ Siapa yang tidak tahu meme? Jaman sekarang apalagi dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat, para aktivis dunia maya pasti mengenal istilah ini. Meme adalah sebuah gambaran/ilustrasi dari aktivitas, kata – kata, konsep yang menirukan atau berdasarkan kehidupan manusia dan menyebar dari manusia satu ke manusia lainnya lewat media Internet.

Meme sebenarnya memiliki cakupan luas karena bisa berupa gambar, tautan, video, website, bahkan hashtag. Mungkin di negara kita lebih dikenal dengan istilah meme comic, karena pada awalnya di negara kita meme sendiri terkenal dengan gambar yang dikemas dan disajikan dalam bentuk seperti cerita komik pendek. Meme sendiri mulai populer di Indonesia sekitar pada akhir tahun 2011.

Dalam membuat meme pun, kita tidak asal – asalan, agar menjadi meme yang berkualitas tentu kita butuh yang namanya teori. Teori ini saya sajikan berdasarkan analisa saya melalui pertimbangan selera aktivis dunia maya. Kita juga dapat menggunakan alat pembuat otomatis atau generator di website – website dengan kata kunci ‘meme maker/creator’. Sebenarnya kualitas meme itu sendiri ditentukan oleh kepuasan para pembaca saat menikmati meme tersebut, bukan dari tampilan yang modernis atau kemegahannya. Kebanyakan meme di Internet memang berorientasi terhadap hiburan, namun ada juga yang bertajuk motivasi, juga sindiran. Berikut adalah Cara Membuat Meme yang Berkualitas  berdasarkan jenis memenya.

1. Bahasan Tentang Jomblo

Dunia maya, apalagi para penikmat meme sendiri sangat peka terhadap bahasan yang satu ini. Kata ‘jomblo’ atau lebih populer disebut ‘jones (jomblo ngenes)’ seakan menggambarkan realita kehidupan anak – anak muda jaman sekarang. Lucunya, mereka tidak pernah marah akibat guyonan model begini, malah mereka yang merasa jomblo mengakui fakta tersebut. Pada dasarnya, mereka ketika diledek melalui sebuah meme bertema humor malah menjadi hal lucu tersendiri.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 1

Tips jika kita hendak menggarap meme jenis ini, kita hanya perlu menyiapkan humor dan dihubungkan dengan kenyataan sekitar, agar penikmat meme tersebut dapat terhibur. Seperti paradigma anak muda (jomblo) yang mendapat penawaran fasilitas pacar gratis contohnya, namun masih dikaitkan dengan realitas di lingkungan sekitar.

2. Pengalaman

Meme jenis ini harus memiliki unsur kebenaran dan persamaan akan realita yang dialami antara pembuat meme dan pembaca baik di masa lalu, sekarang, maupun masa mendatang. Biasanya meme jenis ini bercaption “jika kamu ... maka masa kecil/depan mu bahagia”. Ada juga yang membuat meme jenis ini dengan menggambarkan aktivitas yang dilakukan seseorang atau sekedar mengilustrasikannya dan pada meme jenis tertentu disertai caption seperti ‘one does not simply’, ‘true story’.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 2

Dalam membuat meme jenis ini, kita hanya perlu fokus pada pengalaman apa yang akan dijadikan bahan. Pengalaman harus memiliki tingkat humor dan fakta yang benar – benar ada. Ingatlah, bahwa kebanyakan meme adalah berjenis humor, oleh karena itu membuat pembaca terhibur adalah prioritas utama.

3. Alay Sering di Bully

Tema meme yang bersifat membahas orang alay, seperti pria berusia 8 tahun mencoba bunuh diri akibat di tolak cintanya sangat disorot lucu oleh penikmat meme. Meme jenis ini bisa merepresentasikan gambaran seperti tindakan, foto alay, bahkan akun klonengan alay berkedok mengumbar aib ibunya, bahkan Tuhannya, naudzubillah. Orang – orang seperti ini menjadi paradigma alay dan sangat bulliable di dunia maya. Seniman seperti Boyband, politisi nakal, koruptor, media hiburan seperti sinetron juga mengandung konotasi khusus juga menjadi tokoh antagonis dalam topik ini. Mereka menjadi bahan segar untuk di bully, entah kenapa sebabnya, mungkin karena mereka alay, he he.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 3

Apabila ingin membuat meme jenis ini, pertama kita harus mengumpulkan informasi dan jika bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari, lebih bagus lagi jika dipadukan dengan jenis meme lainnya. Meme jenis ini cukup sukses membuat para penikmatnya tertawa dan geleng – geleng akibat polah dan tingkah laku yang menurut penikmat meme memang dianggap lucu (menurut saya juga lucu).

4. Realita VS Fantasi

Meme jenis ini memiliki cakupan yang luas di kalangan penikmat meme. Meme ini memadukan antara kenyataan suatu peristiwa dengan fantasi yang dilebih – lebihkan dan sifatnya memberontak pada kenyataan tersebut. Meskipun malah terkesan seperti akulturasi, tapi meme tipe ini memiliki humor tersendiri bagi para penikmatnya, jadi jangan meremehkan meme jenis ini. Bukan sekedar itu, meme tipe ini juga dapat berupa ilustrasi peristiwa yang diatas normal (aneh), atau menyimpang pada standar kehidupan manusia pada umumnya.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 4

Untuk membuat meme jenis ini, diperlukan fantasi yang unik. Cari saja kata – kata ungkapan yang memiliki makna ganda untuk dijadikan ide. Selain itu, kita perlu memerhatikan ekspresi juga lho, jadi jangan hanya mengungkapkan keadaan, namun juga ekspresikan dengan gambar – gambar tokoh meme terkenal seperti Yao Ming, Mad Dog, dll, sesuai dengan jenis memenya.

5. Pendidikan Sekolah itu Tabu

Ada satu hal menarik dari sekian jenis meme adalah anggapan bahwa pendidikan sekolah tertentu itu dimaknai sebagai hal yang sensitif. Seperti hari libur sekolah adalah keindahan yang tiada tara, hari senin merupakan hari yang horor, matematika sebagai pelajaran mimpi buruk bagi para penikmat meme kalangan pelajar. Tapi hal tersebut justru membuat para penikmat meme mampu terhibur akan keadaan yang memang tidak bisa dipungkiri lagi. Anggapan seperti ini juga secara tidak sadar muncul dengan sendirinya seiring perkembangan meme comic.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 5

Meme jenis ini sangat cocok jika dipadukan dan dihubungkan dengan pengalaman pribadi, seperti menganalogikan suatu cerita yang bersifat universal pernah dialami kalangan banyak.

6. Media Berperan Penting

Mengapa media berperan penting? Objek tujuan kita sebagai pembuat meme adalah penikmat meme. Jadi mengapa kita harus memerhatikan media juga? Karena media khususnya televisi lebih sering merasuk benak pemirsa seperti iklan – iklan unik, aneh, dan alay. Iklan seperti itu bisa dijadikan joke di dalam meme.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 6

Meme jenis media (iklan) memiliki kesan yang gampang diingat bagi objek tujuan kita yaitu penikmat meme (korban iklan). Seperti adanya kata dalam iklan yang bisa dijadikan template dalam penerapan di kehidupan, sehingga menimbulkan humor tersendiri di dunia meme.

7. Jenis Meme Lainnya (Misc)

Jenis lain yang tidak disebutkan bisa berupa meme motivasi, sindiran, atau yang lainnya. Meme seperti ini berkonsentrasi pada nilai dan pembangunan suatu aspek tertentu. Biasanya mengena di hati para penikmat meme karena mengandung inspirasi dan dorongan.

Cara Membuat Meme yang Berkualitas 7

Untuk membuat meme seperti ini kita siapkan telebih dahulu ide dan tujuannya, kemudian bermainlah dalam pemilihan kata yang tepat atau diksi. Ingatlah tujuan meme ini adalah mengena hati pembacanya baik secara eksplisit maupun implisit.

Itulah tips tentang Cara Membuat Meme yang Berkualitas dan bagus. Jadi, pertimbangkan dahulu jenisnya, kemudian lakukan seperti teori diatas, agar meme yang kita buat menjadi lebih terstruktur dan bersistem. Ingat selalu, segala sesuatu yang terstruktur akan lebih terkesan sebagai karya seni ketimbang hanya sebagai meme penghibur biasa.source:http://alvian-cs.blogspot.com/2015/02/tips-membuat-meme-yang-berkualitas.html

loading...

Related Articles :

loading...
×