site-logo
post-image

9 Makanan yang Dapat Meningkatkan SPF Alami Kulit

Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan SPF Alami Kulit ~ Selama ini Anda mungkin kerap menggunakan lotion yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Penggunaan SPF lotion memang adalah cara untuk memberikan perlindungan dan perawatan kulit Anda dari luar apalagi karena kita berada di wilayah beriklim tropis yang kaya akan sinar matahari.

Tomat - Makanan yang Dapat Meningkatkan SPF Alami Kulit
Selain perawatan dari luar, ternyata beberapa jenis makanan dipercaya dapat meningkatkan SPF alami pada kulit. Jadi jika Anda menginginkan kulit yang nampak lebih sehat ada baiknya Anda mulai mengkonsumsi 9 jenis makanan yang dapat meningkatkan SPF alami pada kulit Anda, sebagaimana dilansir dari readerdigest.ca :




1. Tomat


Tomat adalah jenis sayuran buah yang dapat tumbuh di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama tanpa mengalami kekeringan atau layu. Hal ini karena pigmen warna merah yang kaya pada tomat yaitu lycopene mengandung super antioksidan dan nabati.

Lycopene menyerap radikal bebas dan melindungi terhadap kerusakan DNA. Cara terbaik untuk mengkonsumsi tomat yaitu dalam bentuk saus atau sup.

Studi menemukan bahwa tubuh kita dapat menyerap lycopene lebih baik dari tomat yang dimasak atau dihancurkan dari pada tomat yang masih mentah.

2. Semangka


Seperti halnya tomat, semangka pun kaya akan lycopene yang dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang berasal dari paparan sinar matahari dan polusi. Vitamin C yang terdapat dalam semangka juga membantu ekstra cepat dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan kemerahan.

Studi menemukan bahwa mengkonsumsi semangka berwarna merah adalah yang terbaik dibanding dengan semangka berwarna kuning yang hanya memiliki sedikit kadar lycopene.

3. Teh Hijau


Teh hijau memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kulit dimana teh hijau mengandung anti inflamasi, anti penuaan dini, serta antioksidan pada kulit. Dalam hal peningkatan SPF alami kulit, teh hijau kaya akan kafein dan polifenol yang telah diakui sebagai agen pelindung terhadap radiasi UV.

Oleh karena itu, jangan membuang kantung teh hijau yang telah Anda konsumsi. Aplikasikan langsung pada kulit Anda untuk mengurangi jumlah sel kulit terbakar setelah terkena paparan sinar matahari.

4. Coklat


Coklat berasal dari biji kakao. Biji kakao kaya akan flavanols dan antioksidan kuat yang melawan peradangan dan mencegah kerusakan pada kulit. Namun, tidak semua cokelat memiliki efek menyehatkan kulit. Susu atau coklat semi manis memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga dapat memicu peradangan.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi coklat menurut ahli yaitu dengan memilih coklat yang memiliki persentase kakao tertinggi. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar kualitas antioksidannya.

5. Ikan


Dalam sebuah studi telah dilakukan suatu pengujian bahwa asam lemak omega-3 yang terdapat pada berbagai jenis ikan efektif dalam menangkal peradangan kulit akibat sinar UV.

Cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat dan nutrisi ikan adalah dengan langsung mengkonsumsi ikan tersebut. Selain itu, suplemen minyak ikan adalah cara lain yang juga bagus untuk mendapatkan asupan harian omega-3.

6. Sayuran Hijau


Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan semua jenis sayuran berwarna hijau tua mengandung antioksidan dan karotenoid yang memberi warna cerah dan melindungi sayuran tersebut dari cahaya yang merusak dan oksigen.

Bila dikonsumsi, kulit Anda pun akan mendapat dosis vitamin E, melindunginya dari sinar matahari, dan mencegah timbulnya pigmentasi pada kulit.

7. Wortel


Wortel adalah salah satu jenis sayuran berwarna orange yang mengandung beta-karoten yang dapat memberikan perlindungan tambahan pada kulit.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa beta-karoten menghambat gen yang mengaktifkan respon inflamasi setelah terpapar sinar UV. Oleh karena itu, mengkonsumsi wortel adalah cara sederhana untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

8. Telur


Telur, terutama telur organik mengandung konsentrasi antioksidan yang tinggi. Terlebih lagi pada kuning telur sebab kuning telur kaya akan luteins dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan yang juga bertanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan mata. Lutein juga memiliki dorongan tambahan dalam meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit Anda.

9. Kiwi


Kiwi yang kaya akan vitamin C memiliki manfaat luar biasa untuk melindungi dan merawat sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Bila dikonsumsi, maka vitamin C pada kiwi akan dengan cepat merespon dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Hal ini juga membantu membangun kolagen. Hal ini sekaligus juga telah membuktikan bahwa kiwi ternyata lebih banyak memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk kulit dibandingkan jeruk.


Nah, selain bermanfaat untuk tubuh, ternyata jenis makanan yang dapat meningkatkan SPF alami pada kulit di atas sangat mudah pula didapatkan, jadi tunggu apa lagi? selamat mencoba!

Artikel terkait :