site-logo
post-image

Apa Itu SSH ? Pengertian SSH (Secure Socket Shell) !!


Apa itu SSH ? Pengertian SSH ? Definisi SSH ? Masih bingung tentang apa itu ssh ? - SSH atau Secure Shell adalah Sebuah protokol keamanan untuk masuk ke server jarak jauh. SSH memberikan sesi dienkripsi untuk mentransfer file dan menjalankan program server yang. Juga menjabat sebagai koneksi client / server yang aman untuk aplikasi seperti akses database dan e-mail, SSH mendukung berbagai metode otentikasi.
SSH dikembangkan pada pertengahan 1990-an oleh peneliti Universitas Helsinki Tatu Ylonen sebagai alternatif yang aman untuk telnet, rlogin dan rsh program non-aman untuk server Unix. SSH-2, versi yang lebih canggih diperkenalkan pada tahun 1998, adalah standar oleh IETF dan tidak kompatibel dengan SSH-1.

Apa itu SSH (Secure Socket Shell) ?


Secure Shell (SSH), kadang-kadang dikenal sebagai Secure Socket Shell, adalah perintah antarmuka berbasis UNIX dan protokol untuk aman mendapatkan akses ke komputer remote. Hal ini banyak digunakan oleh administrator jaringan untuk mengontrol Web dan jenis lain dari server jarak jauh. SSH sebenarnya seperangkat tiga utilitas - slogin, ssh, dan scp - yang merupakan versi aman dari utilitas UNIX sebelumnya, rlogin, rsh, rcp dan. Perintah SSH dienkripsi dan aman dalam beberapa cara. Kedua ujung koneksi client / server dikonfirmasi menggunakan sertifikat digital, dan password dilindungi oleh dienkripsi.

Karena SSH didasarkan pada shell Unix, standar Unix perintah dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi, dan mentransfer file dari mesin remote sekali koneksi SSH telah ditetapkan. Perintah ini baik dapat dimasukkan secara manual menggunakan emulator terminal, atau dapat dikirimkan dari sebuah program dengan antarmuka pengguna grafis (GUI). Program jenis ini diterjemahkan tindakan pengguna, seperti membuka folder, untuk perintah Unix (cd [nama folder]).

Untuk login ke server menggunakan SSH dari program terminal, ketik: ssh [servername] -| [username].

Perintah "-|" menunjukkan bahwa anda login dengan username, yang dibutuhkan oleh sebagian besar koneksi SSH (jika tidak, tidak akan sangat aman). Jika nama login diakui, Anda akan diminta untuk memasukkan password. Jika password benar, koneksi SSH Anda akan dibentuk. Untuk mengakhiri sesi SSH, ketik "exit" diikuti dengan tombol Enter.

SSH melindungi jaringan dari serangan seperti IP spoofing, IP routing sumber, dan DNS spoofing. Penyerang yang telah berhasil mengambil alih jaringan hanya dapat memaksa ssh untuk memutuskan sambungan. Dia tidak bisa memainkan kembali lalu lintas atau membajak koneksi saat encryptionis diaktifkan.

SSH menggunakan RSA kunci publik kriptografi untuk kedua koneksi dan otentikasi. Algoritma enkripsi Blowfish termasuk, DES, IDEA dan. IDEA adalah default.SSH2, versi terbaru, adalah satu set usulan standar dari Internet Engineering Task Force (IETF).Bila menggunakan slogin ssh ini (bukan rlogin) seluruh sesi login, termasuk transmisi password, dienkripsi; oleh karena itu hampir tidak mungkin bagi orang luar untuk mengumpulkan password.

Di indonesia, SSH biasanya digunakan untuk berinternetan secara gratis oleh para "phreaker". dengan memanfaatkan celah isp , bitvise serta proxifier maka anda sudah berinternetan secara gratis tanpa bayar.Demikian info dari CitCitCuwitCuwit mengenai Apa itu SSH ,semoga bermanfaat bagi anda yang belum paham.


Artikel terkait :

yang menarik lainnya :
×